100 Days to Brave Guided Journal: Unlock Your Most Courageous Self

100 Days to Brave Guided Journal: Unlock Your Most Courageous Self

IPS Tuliskan 3 contoh kerja sama ASEAN dalam bidang pangan berserta peran dan fungsinya!


Harus lengkap ya​

Tuliskan 3 contoh kerja sama ASEAN dalam bidang pangan berserta peran dan fungsinya!


Harus lengkap ya​

Jawaban:

Beberapa contoh kerja sama ASEAN dalam bidang pangan antara lain:

Penerapan ASEAN GAP (Good Agricultural Practices) sebagai standar pertanian atau agrikultur selama proses produksi, panen, dan penanganan hasil panen buah dan sayuran segar.

Kerja Sama Dalam SPA-FS (Framework and Strategic Plan of Action on ASEAN Food Security).

Kerja sama dalam AIFS (ASEAN Integrated Food Security).

Penjelasan:

Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan sebuah organisasi negara-negara yang terletak di wilayah Asia Tenggara. ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Negara yang pertama-tama mendirikan organisasi ini adalah Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Negara-negara anggota ASEAN pada saat ini adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja. Adapun beberapa tujuan pembentukan organisasi ASEAN adalah:

1.Mempercepat pertumbuhan ekonomi, pembangunan budaya, dan kemajuan sosial bagi masyarakat bangsa Asia Tenggara yang sejahtera dan damai.

2.Memajukan perdamaian dan stabilitas kawasan dengan hormat terhadap keadilan dan hukum serta patuh pada prinsip Piagam PBB.

3.Mempromosikan kerja sama aktif dan saling membantu dalam hal-hal yang merupakan kepentingan bersama di bidang sosial, ekonomi, budaya, ilmiah, teknis, dan administrasi.

4.Saling memberikan bantuan dalam bentuk fasilitas penelitian dan pelatihan di bidang profesi, pendidikan, teknis, dan administrasi.

5.Menjalin kerja sama di bidang pertanian dan industri secara efektif.

Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut, negara-negara di ASEAN menjalankan berbagai rencana dan kerja sama. Dalam bidang pangan, kerja sama yang dilakukan ASEAN adalah sebagai berikut:

Penerapan ASEAN GAP.

GAP merupakan sebuah sistem sertifikasi proses produksi pertanian untuk menekankan adopsi teknologi ramah lingkungan, produk panen yang aman dan berkelanjutan serta ramah lingkungan. ASEAN GAP bertujuan untuk mengatur proses produksi pangan di wilayah ASEAN untuk menjamin kualitasnya bagi penduduk ASEAN.

Kerja sama dalam SPA-FS.

Tujuan pembentukan SPA-FS adalah pengamanan pasokan pangan melalui upaya peningkatan produksi pangan, meminimalisir kegagalan panen, meningkatkan efektivitas perdagangan, dan menciptakan pasar yang kondusif.

Kerja sama dalam AIFS.

AIFS bertujuan untuk memastikan ketahanan pangan di wilayah ASEAN dalam jangka waktu panjang secara kerja sama.

[answer.2.content]