100 Days to Brave Guided Journal: Unlock Your Most Courageous Self

100 Days to Brave Guided Journal: Unlock Your Most Courageous Self

Ujian Nasional Berikan penjelasan tentang strategi pembelajaran inovatif, kreatif dan bermakna pada pelaksanaan kbm pkn di sd !

Berikan penjelasan tentang strategi pembelajaran inovatif, kreatif dan bermakna pada pelaksanaan kbm pkn di sd !

Pembelajaran Inovatif merupakan sebuah kegiatan belajar mengajar yang dilakukan berbeda oleh guru. Strategi pembelajaran inovatif, kreatif dan bermakna yaitu dengan memberikan beberapa games dan fokus grup diskusi agar siswa menjadi aktif dan tidak bosan.

Pembahasan:

Pembelajaran inovatif adalah  proses pembelajaran yang dirancang untuk berbeda dari pembelajaran tipikal yang dilakukan  guru (secara tradisional). Pembelajaran tradisional mengurangi minat dan kemauan siswa untuk berpartisipasi dalam  kegiatan pembelajaran, menurunkan hasil belajar siswa, dan membuat pengetahuan yang diperoleh siswa menjadi tidak berarti.

Selain itu, pengetahuan yang diperoleh siswa di  kelas agak artifisial dan tampak terputus dari masalah sehari-hari  siswa.

Pembelajaran Inovatif menempatkan penekanan yang lebih besar pada pembelajaran yang berpusat pada siswa. Proses pembelajaran dirancang, terstruktur dan disesuaikan untuk membantu siswa  belajar.

Memahami konteks siswa adalah bagian yang sangat penting dari pembelajaran yang berpusat pada siswa. Karena disinilah desain keseluruhan proses pembelajaran dimulai.

Hubungan guru-murid menjadi salah satu pembelajaran dan pengembangan bersama. Otonomi siswa sebagai individu dan sebagai subjek pendidikan merupakan dasar bagi seluruh proses perencanaan dan  pembelajaran. Pembelajaran seperti ini disebut  pembelajaran aktif.

Pembelajaran aktif adalah proses pembelajaran di mana guru harus mampu menciptakan suasana di mana siswa secara aktif menantang, mempertanyakan dan mengungkapkan ide-ide mereka. Belajar tidak hanya harus aktif, tetapi juga harus menyenangkan.

Menikmati pembelajaran berjalan seiring dengan lingkungan belajar yang nyaman, memungkinkan siswa untuk berkonsentrasi penuh pada studi mereka. Kondisi aktif dan nyaman saja tidak cukup jika proses pembelajaran tidak efektif dalam menghasilkan apa yang dibutuhkan siswa untuk dicapai. Karena belajar memiliki seperangkat tujuan yang perlu dicapai.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang wewenang pemerintahan brainly.co.id/tugas/47356070

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4